Jumat, 04 Mei 2012

Obat Bagi Para Penulis

Standard

Well, saya tidak akan ber-ba-bi-bu lagi. Langsung saja ke main topic. Tulisan saya kali ini akan membahas mengenai kegiatan menulis.
Picture Credit : Purple-Legion
Menulis. Ok. Menulis. Ehm... here we go. Menulis merupakan kegiatan yang sangat lekat dengan keseharian sebagian besar orang. Terutama bagi para penulis novel, cerpen, naskah drama atau film, sekretaris, pegawai sensus, pelajar, mahasiswa, dll. Hasil dari proses menulis itu pun bermacam-macam, tergantung dari tujuan si penulis sendiri. Namun ada satu hal yang—biasanya—sering dialami oleh banyak penulis. Yaitu typo, atau salah penulisan kata. Bisa dibilang ini juga merupakan sebuah “penyakit” bagi setiap penulis di dunia. Dan terlepas dari apa yang mereka tulis, hal ini sangat mengganggu dalam menjalankan proses yang dimaksud. Contohnya saja ketika seorang penulis novel yang berbakat mengirimkan naskahnya ke sebuah penerbit, kemudian naskah tersebut dikembalikan lagi karena terlalu banyak kesalahan eja, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan lain-lain. Bukankah ini sangat menyebalkan?
Namun tenang saja, karena semua penyakit ada obatnya. Termasuk juga “penyakit” yang satu ini. Kesalahan penulisan kata biasanya terjadi karena seseorang (yang tidak mahir) terlalu cepat dalam mengetik, tergesa-gesa, ragu dengan ketentuan EYD, terlalu lelah, dan banyak faktor lainnya. “Obat” yang akan saya bahas ini terbukti sangat manjur dalam menyembuhkan penyakit “typo” hingga 99,99%. Dan nama dari obat ini adalah... Language Interface Pack versi Bahasa Indonesia untuk Office Word 2007—dan tentu saja—dari Microsoft.
Language Interface Pack ini merupakan plugin tambahan untuk aplikasi Office Word yang kompatibel untuk versi 2007. Ini semacam asisten pribadi anda yang bertugas untuk memeriksa setiap ejaan kata dan kalimat, penggunaan tanda baca, dan lain sebaginya ketika anda sedang menulis. Jika Office Word anda sudah terinstall aplikasi ini, anda tidak perlu lagi repot-repot meneliti tulisan anda dari kepala hingga kaki. Karena setiap anda melakukan kesalahan penulisan, asisten anda secara otomatis akan membenarkannya, atau menggarisbawahinya dengan warna merah.
Lalu bagaimana cara agar anda bisa “mempekerjakan” asisten hebat ini? Berikut langkah-langkahnya.
Pertama. Tentu saja anda harus mengunduhnya di sini. Oh iya, ini adalah aplikasi gratis dari Microsoft dan berlaku selamanya*. Jadi jangan khawatirkan tentang apakah anda harus menggaji asisten baru anda ini setiap bulan atau tidak.
Kedua. Setelah terunduh, install aplikasi tersebut secara biasa. Jendela pertama yang akan muncul adalah pembahasan tentang lisensi dari Microsoft. Anda bisa membacanya, lalu centang bagian di bawah jika anda menyetujui persyaratan yang diajukan. Lalu klik “Lanjut” (lihat gambar).
Jendela Installasi - Lisensi

Ketiga. Muncul jendela proses installasi. Biarkan sampai selesai.

Proses Installasi

Tampilan ketika proses sudah selesai. Klik OK.

Akhir Proses Intallasi

Keempat. Sekarang masuk ke tahap pengaturannya. Buka menu Start => All Programs => Microsoft Office => Microsoft Office Tools => Microsoft Office 2007 Language Settings.
Berikut tampilannya.

Jendela Seting Bahasa pada Office Word 1

                Perhatikan tulisan “Display Microsoft Office menus and dialog boxes in:”. Ini bisa anda set ke bahasa Inggris atau Indonesia. Yang akan berubah pada tampilan Office Word adalah menu bar-nya (Home, Insert, Page Layout, dsb akan berubah ke bahasa Indonesia). Saran saya, biarkan saja tetap dengan setting defaultnya. Karena jika anda sudah terbiasa dengan yang berbahasa inggris, jika diubah ke dalam bahasa Indonesia justru akan membingungkan anda sendiri. Yang perlu diubah adalah menu “Display Help in:”. ini penting, karena jika anda mengalami masalah, menu help sudah bisa anda akses dengan pengantar bahasa Indonesia.
                Kelima. Klik Editing Languages tab.

Jendela Seting Bahasa pada Office Word 2

Cari B. Indonesia di menu Available editing languages (sebelah kiri). Kemudian klik Add. Secara otomatis akan berpindah ke Enabled editing languages (sebelah kanan). Pilih Primary editing languages menjadi bahasa Indonesia. Kemudian klik Ok. Dan ... selesai.
Sekarang anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan penyakit typografi error. Dan kegiatan menulis pun menjadi semakin menyenangkan bukan...
Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silakan beri komentar untuk tulisan ini (pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar).

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. wah, mantap.
    buat yang jarinya kseleo dalam mengetik,
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat, mas Anton ... :)

      Hapus