Sabtu, 05 November 2011

Ketika 5 November Terlewati

Standard
Pernahkah anda terjebak di suatu tempat dan tidak bisa ke mana-mana?
Bahkan ketika anda ingin sekali untuk pergi, namun anda tidak bisa melakukannya?
Jika anda pernah merasakan hal tersebut, pasti anda akan tahu apa yang sekarang saya rasakan.
Ya. Saat saya menulis tulisan ini, saya sedang terjebak. Cukup sederhana memang, saya hanya terjebak hujan. Saya terjebak di dalam kampus, sendirian, dan tidak ada makanan.
Oh iya, kenapa saya menyinggung soal makanan? Bukan hanya karena saya lapar, tapi karena saat ini saya sedang berpuasa (hari terakhir) di bulan Zulhijah, dan belum berbuka puasa.

Picture credit: robbob85
Mengingat 50% energi tubuh dihabiskan oleh otak, kira-kira sudah berapa mg asam lemak yang terpakai oleh otak saya ya? Padahal sudah lebih dari 12 jam kebutuhan glukosa dalam tubuh saya tidak tercukupi. Sekitar 4-5 jam otak saya gunakan untuk kepentingan kuliah. 2-3 jam untuk menyelesaikan tugas kuliah. Dan sisanya, untuk konsentrasi dan mengontrol seluruh anggota tubuh.
Saya jadi teringat dengan L. Salah satu tokoh dalam serial anime Death Note. Dia adalah seorang Top Class detektif dunia, yang memiliki kemampuan analisa yang sangat luarbiasa. Dia selalu menggunakan otaknya, sehingga dia juga selalu memakan makanan yang manis, dan mungkin bernutrisi sangat tinggi. Saya kira ini adalah caranya untuk memenuhi kebutuhan energi yang dihabiskan oleh otaknya. Pernah suatu ketika kebiasaannya makan banyak tersebut dikomentari oleh seseorang bahwa mungkin dia akan menjadi gemuk, kemudian dia menjawab "Jika kamu menggunakan otakmu, kau tidak akan menjadi gemuk."

Well, jika hal tersebut benar mungkin saya mendapatkan kesimpulan lain yaitu, tidak semua orang yang kurus  itu karena kekurangan nutrisi, bisa jadi karena dia adalah seorang pemikir keras. Sehingga sebanyak apapun makanan yang ia konsumsi, ia tidak akan pernah gemuk. Mungkin jalan satu-satunya adalah dengan cara menjadi "bodoh" dengan tidak memikirkan banyak hal, atau berhenti berfikir terlalu keras pada sesuatu.
(sepertinya kesimpulan ini sangat kontroversial :/ )

Dan ngomong-omong, masalah utama saya terjebak di kampus masih belum terselesaikan.
Saat ini (08:20pm 05/11/2011) saya sedang chatting dengan salah satu sahabat saya melalui facebook.
Hal ini sedikit memberikan "nutrisi".
Dan alhamdulillah, meskipun kebutuhan energi otak saya tidak terpenuhi dengan baik, hal tersebut tidak mempengaruhi kemampuan dasar otak saya. Yaitu berfikir jernih, bahwa di kampus malam-malam hujan-hujan sendirian seperti ini tidak akan terjadi apa-apa. Tidak akan ada sesuatu yang berwarna putih muncul dengan tiba-tiba, tidak akan ada suara-suara aneh yang mengejutkan tiba-tiba. T_T
Ya, itu pasti. Karena di setiap penjuru mata angin, saat ini orang-orang sedang mengumandangkan asma Allah swt yang Maha Agung.
Allahu Akbar... Allahu Akbar... Allahu Akbar...
Laa Ilaha Illalahu Wallahu Akbar...
Allahu Akbar Walillahilham...

Selamat hari raya Idul Adha 1432 Hijriah.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment