Rabu, 09 November 2011

Hati-hati terhadap Wall facebook anda

Standard
Baru-baru ini saya mendapatkan banyak sekali kiriman dinding dari para penggemar salah satu halaman saya di Facebook. Namun sangat disayangkan, karena ternyata kiriman dinding tersebut merupakan Phishing atau pengelabuhan.
Berikut penjelasan tetang phishing yang saya ambil dari wikipedia.


Dalam komputerpengelabuan (Inggrisphishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.Dengan banyaknya kasus pengelabuan yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk pembuatan undang-undang, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis.
Kiriman dinding tersebut berupa sebuah tautan (link) yang akan mengantar anda menuju sebuah halaman situs yang sangat menyerupai halaman masuk pada facebook.
phishing di wall

Jika tautan tersebut anda click, maka anda akan mendapati bahwa anda sudah "keluar (logout)" dari facebook tanpa anda sadari.


setelah link di click

Lihatlah, betapa serupanya halaman tersebut dengan yang asli. Tapi jika memang halaman ini palsu, bagaimana cara membuktikanya?
Cara yang tidak saya anjurkan, adalah dengan tetap menulis alamat e-mail dan password anda pada halaman ini. Karena hal ini tidak akan membuktikan apapun. Dan  jika halaman ini benar-benar palsu, itu berarti anda secara ikhlas telah memberikan data diri anda kepada orang lain di balik layar ini.
Lihatlah dengan seksama, ini perbedaan dari halaman asli facebook dan halaman phishing facebook.
alamat halaman facebook palsu
Jika alamat yang tertera di sana bukan https://www.facebook.com/.... sudah pasti itu bukan dari facebook.
Terlihat sangat jelas, alamat yang tertera di sana tidak ada hubungannya dengan facebook. Tapi bisa saja, seseorang membuat domain dengan nama yang mirip dengan facebook.com
misalnya saja:
facebo0k.com
fasebook.com
faceboook.com
fasebo0k.com
fesbook.com
dan sebagainya.
Intinya, kita harus teliti ketika menerima sebuah informasi DARI SIAPAPUN yang tidak kita ketahui kebenarannya. Karena bisa saja, salah satu sahabat terbaik anda telah menjadi korban dari phising, sehingga kepemilikan akun sahabat anda tersebut sudah berpindah kepada orang lain. Kita mungkin tidak pernah tahu hal yang seperti ini?
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment