Selasa, 27 Mei 2014

15 detik Membuat Shut down Otomatis Sendiri

Standard


Shut down Otomatis? Emang bisa?

Bisa dong! Bahkan enggak perlu download software dari internet. Walaupun aplikasi untuk ini emang ada, tapi ... hey! Buat apa download kalau kita bisa membuatnya sendiri? Lagi pula enggak rumit kok, suerr! Dan enggak butuh perangkat / aplikasi tambahan apapun. Semua komputer / leptop dengan Sistem Operasi Windows bisa melakukannya. Cuma butuh 15 detik. Kalau pemula, enggak sampai 1 menit deh.

Caranya?


Hmm ...

Dulu – dulu banget – saat gue masih gaptek (walaupun sekarang juga masih, ya ampun), gue suka biarin komputer nyala sampai pagi. Karena, dulu gue suka banget mendengarkan musik sambil tidur. Walaupun akhirnya sekarang gue tahu hal itu kurang baik untuk kesehatan. Kenapa? Karena tidur merupakan fase di mana tubuh dan semua indra kita harus benar-benar beristirahat. Baik dari Suara, maupun dari cahaya. Jika tidak (misalnya tidur sambil dengerin musik dari headphone), tubuh kita beristirahat tapi otak kita tetap aktif memproses data dari suara yang masuk melalui telinga. Akibatnya ya, istirahat jadi tidak optimal. Pasti beda rasanya kalau tidur dengan lampu mati total + keheningan total, dan lampu nyala + music on. Ga percaya? Coba aja sendiri. Perbedaannya akan terasa saat kamu bangun pagi. Gue juga dulu gitu, enggak berani tidur dengan lampu mati. Trus suka stel musik relaksasi kayak Keniji dan Metalica. Tapi ya itu, akibatnya tiap bulan gue dikutuk jadi mahasiswa sama Mamah karena bikin tagihan listrik nambah bengkak.

Akhirnya setelah gue dinasehati oleh pak ustad, gue mulai cari cara supaya komputer gue bisa mati secara otomatis saat gue tidur.

Sebenernya, alasan gue cari aplikasi tersebut bukan cuma itu. Karena Adek2 gue juga suka main PS di leptop gue. Dan tau lah kalau anak kecil main PS pasti lupa waktu. Makanya, gue cari aplikasi Shut down scheduler untuk menyiasati supaya adek gue enggak kelamaan loncat2 di dalam kamar, lempar2 shuriken, atau nyobain jurus kuchiyose.

Setelah browsing2, ketemu aplikasinya di Internet. Harus instal dan seting ini – itu. Masalah teratasi. Tapi suatu hari, gue mendapat ilham, bahwa ternyata gue bisa bikin aplikasi itu SENDIRI! Dan gue tersadar, betapa begonya gue menghabiskan bandwith beberapa MB hanya untuk mendownload aplikasi super sederhana itu. Padahal bandwith segitu kan bisa buat buka facebook 15x refresh. Akhirnya gue buang aplikasi itu dan end of story, gue bikin sendiri shut down otomatis di leptop gue.



Langkah pertama.

~ Buka menu RUN. Klik START ketik RUN lalu enter. Atau tekan tombol WINDOWS + R. Muncul tampilan ini:

Run Windows




Langkah kedua.

~ Ketik CMD lalu enter. Muncul jendela baru:



Oh iya, itu tulisannya berwarna hijau karena gue suka tampilannya kaya itu. Jadi kalau punya kamu berwarna putih, enggak masalah.



Langkah ketiga.

~ ketik: shutdown /s /t 3600 → enter.





Gue jelasin.

shutdown, adalah perintah untuk mematikan komputer. Tapi perintah ini membutuhkan parameter lain, yaitu:

/s yang artinya, SHUT DOWN. Atau kamu bisa mengganti /s dengan

/r yang artinya RESTART

/h yang artinya HIBERNASI

/l yang artinya LOG OFF

Atau yang lainnya.



Sedangkan /t itu artinya TIME. Dan 3600 adalah detiknya. Jadi maksud dari:

shutdown /s /t 3600

Adalah, komputer kamu akan mati secara otomatis setelah 3600 detik / 1 jam. Mudah kan?

Apa ada batas maksimal waktunya?

Ada. Batas minimum untuk shutdown adalah 0 detik. Dan maksimumnya adalah 315360000 detik atau 10 tahun.



That’s it! Enggak perlu download, enggak perlu instal apa-apa. Sesederhana itu. Dan mungkin akan bermanfaat dalam beberapa hal, seperti misalnya kamu yang nekat mau tiduran sambil dengerin musik. :D



Mau jahilin temen juga bisa, kok. Hhe ... he ...

Kamu bisa menyelipkan pesan jahil saat komputer hendak mati secara otomatis, dengan menambahkan parameter /c atau COMMENT.



shutdown /s /t 3600 /c “Tulis komen kamu di sini” → enter.



Nanti akan muncul tampilan seperti ini (berisi pesan kamu) di depan layar temanmu:





Tapi gue enggak merekomendasikan, ya? Maksud gue menulis ini supaya kamu enggak dijahili teman kamu sendiri. :p (klise)



Silakan dipraktekkan. Kalau ada pertanyaan, tulis di kolom komentar.



Oh iya! Kalau kamu mau membatalkan perintah shutdown otomatis, kamu bisa membuka lagi menu CMD dan menuliskan:

Shutdown /a → enter.



/a itu artinya ABORT, atau BATALKAN.



(ini penawar racunnya) :D



Dan kalau kamu penasaran sama perintah apa saja yang bisa dimasukkan dalam command shutdown, silakan ketik:

shutdown → enter.



Kamu akan mendapat list command yang bisa kamu masukkan.



Selamat bereksperimen, dan salam hangat dari saya.



=Cholis Vindra R.=


0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment