Selasa, 01 Mei 2012

Menjaga Kesehatan "Mahkota" di Kepala

Standard

Picture Credit: Super-Chi
Klinik cendol kali ini akan membahas soal perawatan rambut dan kulit kepala. Bukankah rambut itu adalah “mahkota” yang harus tetap dijaga keindahan dan kebersihannya? Termasuk untuk cendolwati yang berjilbab sekalipun.

Seringkali kita merasa kulit kepala gatal meski sudah sering keramas. Atau bisa juga ada ketombe yang menempel hingga menimbulkan rasa tidak PD saat kita mengenakan baju warna hitam *haduh, kok ngiklan banget ya* :D Atau malah rambut sering rontok saat disisir? Kita pasti akan bertanya-tanya mengapa masalah-masalah itu bisa muncul pada rambut dan kulit kepala kita.
Padahal kita mungkin termasuk orang yang rajin keramas.

Masalah kerontokan rambut dan ketombe berakar dari kulit kepala yang tak sehat. Kenali penyebab masalah rambut dan cara tepat untuk merawat kulit kepala

Banyak faktor yang memengaruhi terjadinya ketombe dan rambut rontok berlebihan, antara lain karena faktor genetik, hormonal, makanan, gaya hidup dan aktivitas yang berlebihan.

Jika sudah memahami kondisi kulit kepala, lakukan perawatan rutin harian seperti di bawah ini :

Cuci rambut 2-3 kali seminggu
Mulailah dengan kebersihan rambut dan kulit kepala. Sebaiknya cuci rambut secara rutin 2-3 kali seminggu.

Hindari kontak langsung dengan sinar matahari
 Menghindari kontak langsung dengan sinar matahari juga bisa menjadi cara merawat kulit kepala. Jika terpaksa berhadapan dengan sinar matahari, maka usahakan menggunakan tutup kepala.

Makan buah, sayur, dan istirahat cukup
Asupan nutrisi dan istirahat yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan adalah cara perawatan paling sederhana dari dalam tubuh. Istirahat atau tidur yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat
Penggunaan produk-produk perawatan rambut yang tepat bisa membantu masalah kulit kepala.
Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana menggunakan kondisioner, wax, hair spray yang baik.
Cara penggunaan produk perawatan rambut yang keliru justru merusak rambut, sehingga rambut tak lagi indah.

Selain memperhatikan cara menggunakan produk untuk rambut, yang harus diperhatikan juga adalah kandungan dari produk.  Coba perhatikan bahan dasar shampo, kondisioner, bahkan cat rambut, hair spray, apakah kandungannya membahayakan kulit kepala kita. Terutama untuk yang kulit kepalanya sensitif, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakannya.

Rajin menyisir rambut
Kebiasaan menyisir rambut ternyata punya banyak manfaat. Menyisir itu bukan hanya untuk merapikan rambut, tapi juga untuk memperlancar peredaran darah. Jadi jangan sepelekan menyisir rambut, terutama laki-laki. Kalau perempuan saya yakin tidak disuruh juga pasti selalu bawa sisir, hehe. :)


Nah, sekarang sudah tahu kan cara-cara sederhana untuk tetap mempertahankan keindahan dan kebersihan “mahkota” kita? Oke, semoga tipsnya bermanfaat ya :)

Seperti biasa, jika ada pertanyaan jangan lupa TANYA, SALAM SEHAT DAN SUKSTRES




Salam sehat

0 komentar:

Posting Komentar

Post Comment